Selasa, 22 November 2016

Origami

ORIGAMI



Pasti anda sudah sering mendengar istilah origami bukan. Origami atau seni melipat kertas adalah sebuah cabang seni yang sudah ada sejak zaman dulu dan berkemban hingga sekarang.
Origami berasal dari bahasa jepang yaitu "ori" artinya lipat dan "gami" artinya kertas

SEJARAH SINGKAT ORIGAMI

Dipercaya bahwa origami diproduksi di china pada abad pertama yang diperkenalkan oleh Ts'ai Lun, kemudian pada abad keenam origami dibawa ke jepang dan spanyol oleh  orang arab.

Origami juga dipakai orang jepang untuk melaksanakan sebuah acara seperti dalam upacara perkawinan shinto, kertas dibentuk seperti burung bangau jantan dan betina dan juga digunakan sebagai tutup sake, sebagai lambang pengantin pria dan wanita.

Pada zaman dulu origami masih dikenal dengan nama Orikata. Pada waktu itu Akisata Rito membuat panduan tertulis tentang origami yang ia tulis dalam bukuu yang berjudul Senbazuru Orikata (Bagaimana melipat 1000 burung bangau)

Pada zaman Edo
Pada zaman Edo kertas melimpah, sehingga pada zaman ini Origami berkembang dengan pesat. Banyak sekali bentuk-bentuk orugami yang dihasilka pada zaman ini.


Pada zaman Meiji
Saat ini Origami telah digunakan untuk bahan pengajaran di kelas Taman Kanak-Kanak dan Sekolah dasar


Akira Yosizawa dan Sam Randlett menyumbangkan tekik origami basah yang ia perkenalkan, agar lebih mudah membuat origami dan membentuk origami berbentuk tiga dimensi. Mereka juga memperkenalkan diagram Yoshizawa-Randlett yaitu instruksi cara pembuatan bentuk origami dengan menggunakan berbagai macam simbol seperti panah dan garis.


0 komentar:

Posting Komentar